Blogger Widgets
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
widget

Beberapa Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Pada Anak

Kesehatan | Sistem kekebalan tubuh adalah baris pertahanan pertama tubuh ketika penyakit dan infeksi datang. Mengingat seringkali anak-anak pulang dengan hidung meler (atau bahkan lebih buruk), akan lebih baik jika orangtua memperlengkapi anak dengan sistem kekebalan tubuh yang baik. 
Anda pasti bisa melakukan beberapa cara meningkatkan sistem pertahanan alami tubuh anak, seperti berikut ini :

1. Air Susu Ibu (ASI)
Penelitian telah menunjukkan bahwa menyusui memberikan dukungan penting untuk sistem kekebalan tubuh anak. Selain memberikan perlindungan segera terhadap penyakit gastrointestinal   (GI) atau pencernaan dan pernapasan, tinjauan penelitian oleh Kelly M Jackson dan Andrea M. Nazar dalam Journal of American Osteopathic Associationmenunjukkan, menyusui juga mempromosikan pengembangan sistem kekebalan tubuh.

2. Bermain di Ttanah
Ibu mana yang rela anaknya bermain kotor-kotoran? Namun, sesekali anak ternyata perlu “terkena” kotoran agar sistem kekebalan tubuhnya berkembang sepenuhnya.
Anak-anak yang tumbuh di peternakan, misalnya, atau yang dibesarkan di sekitar hewan peliharaan, cenderung menunjukkan tingkat yang lebih rendah dari asma dan penyakit pernapasan lainnya. Berkebun juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.
Hal ini memang membawa banyak perdebatan dari para peneliti. Di satu sisi, paparan kotoran bermanfaat melacak jumlah patogen untuk melatih sistem kekebalan tubuh. Di sisi lain, paparan dengan berbagai mikroorganisme berpotensi menguntungkan dan dapat mendukung sel tubuh anak memerangi infeksi.

3. Tidur yang cukup
Penelitian yang dipublikasikan Nature oleh Penelope A. Bryant, John Trinder, dan Nigel Curtis menunjukkan, ada hubungan timbal balik antara tidur yang cukup dan kekebalan.

4. Minum yogurt
Produk susu fermentasi seperti kefir dan yoghurt terbukti menawarkan manfaat kesehatan termasuk meningkatkan pencernaan laktosa dan mencegah diare terkait antibiotik. Penelitian sauerkraut juga mengatakan enzim dan mikroba dapat membantu pencernaan, serta isothiocyanate dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. 

5. Antibiotik
Antibiotik adalah hadiah yang luar biasa dari dunia kedokteran yang telah berjasa menyelamatkan banyak nyawa. Namun, menggunakan antibiotik berlebihan bisa membawa masalah tersendiri pada tubuh. Jika berlebihan, bakteri jahat bisa menjadi resistan terhadap obat. Jadi, jika tidak benar-benar memerlukannya, hindari penggunaan antibiotik.

6. Makan lebih banyak buah dan sayuran
Salah satu cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah dengan mengkonsumsi buah dan sayuran. Vitamin C bisa Anda dapatkan di jeruk dan sayuran berdaun hijau, antiseptik dalam bawang putih, dan lain sebagainya.
Sebagaimana tercantum dalam sebuah artikel baru-baru ini oleh Michael Pollan di New York Times , diet yang kaya akan biji-bijian, sayuran mentah, dan makanan yang kurang matang (al dente pasta, misalnya) menghasilkan fermentasi di usus yang lebih rendah, yang pada gilirannya berfungsi mendorong mikroba usus yang sehat.

Nah, adakah dari keenam poin di atas yang belum didapatkan anak-anak Anda? Jika sobat pembaca ada yang ingin menambahkan tentang cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak, silahkan ditambahkan pada kolom komentar di bawah, sehingga akan semakin banyak cara yang kita ketahui  terutama bagi orang tua tentang cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Semoga bermanfaat.