Blogger Widgets
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
widget

Kegunaan Buah Semangka


Manfaat buah | Semangka atau yang kita kenal dengan bahasa ilmiah (Citrullus lanatus) merupakan tanaman yang terkategori  tanaman merambat, asal mula tanaman cittrullus lanatus (semangka) diyakini berasal dari wilayah Afrika Selatan (gurun. Buah yang memiliki ciri fisik oval dan kotak (yang dibudidayakan dinegara jepang) memiliki kulit yang bertektur keras, berwarna seperti
seragam TNI (hijau muda ataupun hijau tua dan terdapat lorek garis2 hijau pekat di bagian kulitnya).

Jika menilik di bagian dalam buah, semangka umumnya memiliki dua versi  warna yaitu dagingnya berwarna kuning serta merah. Namun semangka yang memiliki khasiat yang sangat baik untuk tubuh ialah semangka berdaging merah, selain rasanya yang lebih manis, semangka jenis ini mempunyai kandungan antioksida atau lycopene memiliki lebih tinggi ketimbang semangka daging kuning, sehingga anti oksidan tersebut berguna baik untuk kesehatan tubuh kita.

Buah yang satu ini memiliki kandungan seperti, air sekitar 92%, gula alami yang baik untuk tubuh sekitar 6%, vitamin A, Vit B6 serta C. Selain itu semangka memiliki aneka senyawa seperti asam amino ( sitrum), kalium, magnesium, dan thiamin dan masih banyak yang lainnya.

Nah setelah tadi membahas asal mula buah semangka, ciri-ciri fisiknya serta kandungan yang terdapat didalamnya, sekarang saya akan coba mengulas manfaat buah semangka secara rinci. Manfaat yang terbaik dari buah semangka adalah sebagai buah penghalus kulit, tetapi jika kita meninjau lebih dalam, buah semangka ternyata memiliki segudang manfaat dan diantaranya adalah sebagai berikut:

Manfaat buah semangka:
  • Banyaknya kandungan air yang ada dalam buah semangka, berfungsi baik untuk menetralisir tekanan hipertensi (darah tinggi), sehingga buah yang satu ini cocok untuk dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi( hipertensi).
  • Buah semangka berguna untuk mengurangi resiko terkena serangan penyakit stroke, muntah-muntah, penyakit diare, demam. Cara pembuatan obatnya cukup mudah, anda hanya perlu mengkonsumsi sekitar 3 gelas jus semangka per harinya.
  • Buah semangka berkhasiat sebagai buah pemercepat  mengeluarkan air kencing, atau air kecil, sehingga buah ini bisa menjadi solusi bagi anda yang susah untuk buang air kecil.
  • Karena andanya kandungan antioksidan dalam buah semangka,  kandungan antioksidan dalam buah semangka memiliki peranan penting untuk mencegah terjadinya penyakit kanker. 
  • Semangka juga bisa anda gunakan sebagai menu untuk membantu program diet anda. Mengapa bisa membantu program diet??? Hal ini didasari bahwa buah semangka terbebas dari kandungan lemak serta kaya akan kandungan serat.
  • Buah semangka berfungsi sebagai buah untuk penurun demam, dan penyakit sariawan yang sering menyerang bibir atau mulut kita.
  • Buah semangka berfungsi baik untuk mengoptimalkan kinerja kerja jantung.
  • Yang tak ketinggalan pastinya sebagai buah penghalus kulit.
Itulah sedikit ulasan tentang kegunaan buah semangka semoga bisa membantu, jika kurang lengkap dan anda mau menambahkan silahkan bisa anda tambahkan di kolom komentar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua.