Blogger Widgets

Kegunaan Buah Stroberi


Manfaat buah | Stroberi, buah ini cukup dikenal dikalangan anak muda. Dan juga salah satu buah yang digemari para remaja. Bukan hanya karena rasanya saja yang manis, asam dan segar, tetapi juga karena warnanya yang merah hati dan bentuk dari buah ini. Stroberi pertama kali ditemukan di pengunungan Chili, Amerika Latin. Tanaman ini dalam bahasa latinnya Fragaria Chiloensis Ltelah menyebar di Negara
Amerika, Eropa, dan Asia. Sedang Negara penghasil terbesar adalah Amerika Serikat, Polandia, Italia, Jepang dan Meksiko.

Di Indonesia buah stroberi dikenal dengan nama Arbei dari bahasa belanda aardbei, dan dibudidayakan didaerah Sukabumi, Cianjur, Cipanas, Lembang, Magelang, Batu, Malang dan Bali. Tanaman ini dapat tumbuh dengan cepat dan sehat di dataran tinggi, suhu udara relative dingi dengan sinar matahari yang tidak terlalu kuat. 

Manfaat Buah Stroberi

Buah strobe memiliki banyak manfaat, bukan hanya buahnya tetapi daunnya juga dapat dimanfaatkan. Srtoberi bukan hanya dikonsumsi, tapi juga sebagai bahan makanan, minuman, bahan obat obatan, serta kosmetik. 

Buah stroberi dapat dikonsumsi secara langsung, rasanya manis, asam dan segar. Kandungan nutrisinya per 100 gram buah terdiri dari :
Energy (37 kalori)
Protein (0,8 gram)
Lemak (0,5 gram)
Vitamin A (60 SI)
Vitamin B1 (0,03 mg)
Vitamin C (60 gram)
Air (89,9 gram)

Kandungan – kandungan nutrisi diatas sangatlah dibutuhkan bagi tubuh kita. Stroberi pun dapat diolah untuk dijadikan produk makanan dan minuman. Produk stroberi dalam bentuk olahan biasanya untuk sirup, dodol, jeli, jus, selai, manisan dan es krim.

Stroberi merupakan salah satu buah yang rendah kalori dan kandungan lemaknya. Buah stroberi mengadung Vitamin C, kaya akan serat, asam folat, kalium dan antioksidan. Kandungan ini menjadikan buah strobe sebagai alternative yang bagus untuk meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi risiko kanker dan bermanfaat bagi kesehatan. 

Kandungan antioksidan bernama ellagic acid dapat menghalangi tumbuhnya tumor dalam paru paru, oesofagus, payudara, kanker rahim dan lidah.  Jus stroberi yang dihidangkan sebagai minuman juga bernilai tinggi dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi sembelit, pereda demand dan juga dapat untuk membersihkan gigi. 

Jika daun stroberi direbus airnya dapat digunakan untuk mencuci luka dan mengobati kudis dan luka luka. Daun yang telah direbus kemudian  ditempel pada bagian yang terluka. Air rebusannya berguna untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mulut. Digunakan dengan cara berkumur. 

Stroberi memiliki klasifikasi botani sebagai berikut:
Devisi; Spermatopita
Subdivisi; Angiospermae
Kelas; Dicotyledonae
Keluarga; Rosaceae
Genus; Fragaria
Spesies; Fragaria spp

Stroberi yang beredar di Indonesia adalah Fragaria x ananassa var duchesne yang beraroma seperti nanas. Stroberi ini dihasilkan dari persilangan F. Virginia L . Var Duchesne (dari Amerika Utara) dengan F. Chiloensis L. Var Duchesne (dari Chili).

Demikian info mengenai buah stroberi, semoga bermanfaat.