Blogger Widgets

Kegunaan Buah Melon


Manfaat buah | Buah melon, tentunya tidak asing lagi bagi kita, karena buah melon sudah seperti kebutuhan makanan kita, khususnya bagi anda atau kita yang suka minum es. Buah melon sering disajikan sebagai campuran es yang diperjajakan di warung warung atau di pingir pingir jalan. Atau sangat pas untuk hidangan pencuci mulut setelah kita makan. Buah melon mempunyai rasa yang khas,
yaitu renyah, legit, manis dan aromanya harum yang menjadikan daya tarik tersendiri untuk buah ini.

Melon merupakan salah satu jenis buah buahan yang amat potensial untuk memenuhi kebutuhan dalam penyediaan bahan makanan bergizi. Tanaman ini sangat bermanfaat untuk tubuh kita, selain untuk dikonsumsi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
Tanaman buah melon berasal dari Negara Mediterania, Negara perbatasan antara Asia Barat dengan Eropa dan Afrika. Ada juga yang menyebutkan bahwa melon berasal dari lembah Persia (Syiria). 

Pada abad ke 14 buah melon sudah merambah ke Amerika dan dikembangkan secara luas di Colorado, California dan Texas. Seiring berkembangnya waktu buah melon akhirnya merambah sampai ke Indonesia. 

Kandungan Buah Melon 

Buah melon mempunyai kandungan Vitamin C akan mencegah terjadinya sariawan dan meningkatkan ketahanan tubuh terhadap penyakit. 

Berapa khasiat buah melon adalah;
- Membantu sistem pembuangan
- Anti kanker
- Menurunkan resiko stroke dan penyakit jantung
- Mencegah pengumpalan darah

Kandungan buah melon antara lain

Kalori (energy); 21,0 kal
Protein ; 0,6 g
Lemak ; 0,1 g
Karbohidrat ; 5,1 g
Kalsium ; 15,0 mg
Besi ; 0,5 mg
Vitamin A ; 640,0 SI
Vitamin B1 ; 0,03 mg
Vitamin B2 ; 0,02 mg
Vitamin C ; 34,0 mg
Niasan ; 0,8 g
Serat ; 0,3 g
Air ; 93,5 g

Botani Tanaman Melon

Tanaman melon termasuk dalam tumbuhan berbiji belah (dikotil) dan tergolong dalam genus Cucumis. Lebih detailnya tanaman melon diklasifikasikan sebagai berikut; 

Divisio; Spermatophyta
Subdivision; Angiospermae
Kelas; Dikotil
Subkelas; Sympetalae
Ordo; Cucurbitales
Familia; Cucurbitaceae
Genus; Cucumis
Spesies; Cucumis Melo L

Tanaman ini memiliki akar berupa perakaran tunggang terdiri atas akar utama (primer) da akar literal (sekunder).  Tumbuhan melon merupakan tumbuhan yang menjalar diatas permukaan tanah atau bisa merambat pada lanjaran atau turus bamboo. Daun melon berwarna hijau dengan bentuk daun bercangkap atau menjari bersudut lima, berlekuk 3 – 7 lekukan dan bergaris tengah 8 – 15 cm. Buah melon berbentuk bulat, oval dan lonjong, berdasarkan warnanya buah melon dibedakan menjadi melon yang daging buahnya berwarna hijau muda kekuningan, kuning, keputihan dan jingga.

Demikian info kegunaan buah melon, semoga dapat menambah wawasan tentang manfaat buah-buahan.