Blogger Widgets
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
widget

Manfaat Buah Sirsak


Manfaat buah | Buah sirsak, dalam bahasa latinnya Annona muricata, merupakan buah yang mempunyai segudang manfaat. Orang – orang Jawa khususnya banyak menyebut buah ini dengan sebutan Srikaya. Kalau dalam bahasa Indonesia-nya lebih dikenal dengan buah sirsak. Kata sirsak sendiri berasal dari bahasa belanda yaitu zuurzakyang berarti kantong yang asam. Tumbuhan ini berasal dari
Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di bawa ke Nusantara oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda sekitar abad ke-19.
Tanaman ini tumbuh disembarang tempat, atau di Indonesia sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 m dari permukaan laut.
Daging buah sirsak berwarna putih dengan biji berwarna hitam dan padat. Buah ini dapat dikonsumsi secara langsung atau bisa di buat jus terlebih dahulu sebelum di konsumsi. Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. 

Kandungan dan manfaat buah sirsak :

Sirsak (Annona muricata) pada setiap 100 gramnya mengandung nilai kalori sebanyak 65 kalori, protein 1 gram, lemak 0,3 gram, hidrat arang 16,3 gram, kalsium 14 miligram, fosfor 27 miligram, besi 0,6 miligram, vitamin A 10 SI, vitamin B, 0,07 miligram, vitamin C 20 miligram dan zat air 81,7 persen. Di samping itu, pada bagian daun clan batangnya mengandung unsur senyawa tanin, fitosterol, ca-oksalat clan alakaloid murisine.


Asam askorbat meningkatkan jumlah antioksidan dalam tubuh. Buah sirsak juga mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga mampu untuk mengurangi atau menyembuhkan sakit karena sembelit. Daun sirsak bisa untuk mengobati bisul. Dan daun sirsak juga dapat mengurangi sakit pinggang, Sakit Pinggang jenis sakit punggung, khususnya di punggung bawah atau wilayah lumbar. Secangkir teh (penyajian daun sirsak dengan teh) sehari-hari juga akan membantu meringankan peradangan pada otot punggung. Jus buah Sirsak, jika dikonsumsi dua kali sehari, dapat membantu mengatasi penyakit ginjal, masalah hati, infeksi saluran kemih.

Cara pemanfaatan buah sirsak :

Penyakit ambeien:

Bahan yang digunakan, buah sirsak yang sudah matang/ masak. Cara membuatnya diperas dan diambil kandungan airnya sebanyak satu gelas. Dimimun dua kali sehari pagi dan sore.

Penyakit mencret/ diare pada bayi:

Buah sirsak yang sudah matang/masak, diperas dan diambil airnya kemudian diminumkan kepada bayi yang sedang mencret sebanyak 2/3 sendok makan.

Terasa mau kencing terus menenurus tapi sedikit keluarnya, atau bahasa Balinya Anyang anyangan:

Bahannya sirsak setengah matang/masak, dan gula pasir secukupnya. Cara membuatnya rebus buah sirsak setengah matang dan gula secukupnya secara bersamaan dengan air sebanyak 2 gelas. Kemudian di saring dan diminum.

Demikian info mengenai manfaat buah sirsak, semoga bermanfaat buat anda para pembaca sekalian.