Blogger Widgets

Kegunaan Buah - Buahan Untuk Kesehatan


Manfaat buah | Setelah sebelumnya saya meng-upload satu persatu artikel tentang manfaat buah untuk kesehatan, dari mulai manfaat buah adpukat, apel, jambu air, mangga, melon, pepaya, pisang, semangka, strobery, mahkota dewa, sirsak dan yang lainya. Nah Untuk saat ini saya kan mengulas artikel tentang manfaat buah untuk kesehatan, baik secara detail (spesifiknya) atau umunnya saja.



Indonesia, negara yang terletak atau salah satu negara yang dilewati oleh garis khatulistiwa, serta salah satu negara yang mempunyai banyak gunung berapi yang masih aktif, membuat negara kita yang tercinta ini mempunyai konstur tanah yang sangat subur. Oleh sebab itu tanah perkebunan dan pertanian jaman dulu, di garap subur dan makmur tanpa ada campuran bahan pupuk kimia.

Sekarang pun juga masih ada wilayah yang bercocok tanam tanpa bantuan pupuk kimia, namun tanaman mereka masih subur dan menghasilkan banyak buah, tak kalah dengan daerah yang menggunakan bantuan pupuk kimia. Contoh didaerah seperti pedalaman Sumatra, Papua, Kalimantan dan masih banyak lagi mereka tak tergiur dengan pupuk kimia. Namun berbanding terbalik dengan perkebunan dan pertanian daerah Jawa, di Jawa umumnya mereka menggunakan pupuk kimia untuk merangsang dan memperoleh hasil bumi yang meningkat.

Nah setelah tadi kita membahas tentang Negara Indonesia tercinta yang kaya dan subur akan konstur tanahnya, sampai-sampai masuk ke pedalaman Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan Papua hehehe, dan sedikit melenceng dari pokok pembahasan utama, sekarang saya akan membahas manfaat buah untuk kesehatan, karena ini topic utamanya, kita mulai ulasan mengenai manfaat buah untuk kesehatan.

Manfaat buah untuk kesehatan secara umum.

Seperti yang kita tahu bahwa buah kaya akan kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kita seperti adanya vitamin, asam folat, betakaroten, betacryptoxanthin, lutein, zexanthin protein, fosfor dan masih banyak lagi kandungan kandungan lainnya yang berguna untuk tubuh kita. Buah juga merupakan salah satu alternative penambah nafsu makan.

Manfaat buah secara spesifik dan jenis buahnya :



Bagian tanaman alpukat yang banyak dimanfaatkan adalah buahnya sebagai makanan buah segar. Dan bisa dikonsumsi secara langsung atau bisa dibuat jus terlebih dahulu. Manfaat lain dari daging buah alpukat adalah untuk bahan dasar kosmetik. Bagian lain yang dapat dimanfaatkan adalah daunnya yang muda sebagai obat tradisional (obat batu ginjal, rematik). 
( Untuk lebih detail, silahkan klik disini )



Manfaat buah apel baik untuk kesehatan dan kekuatan tulang
Manfaat buah apel baik untuk mengobati asma dan mencegah asma
Manfaat buah apel baik untuk mengurangi kadar kolesterol sehingga bik untuk proses diet
Manfaat buah apel baik untuk pencegahan dari berbagai kanker
Manfaat buah apel mampu atasi diabetes anda. 
( Untuk lebih detailnya, silahkan klik disini )



Pada umumnya jambu air dikonsumsi secara langsung, karena buahnya yang mengandung banyak kandungan air membuat buah ini segar untuk di konsumsi secara lansung. Selain dikonsumsi secara lansung buah jambu air juga bisa dibuat sirup, atau jus.
( Untuk lebih detail, silahkan klik disini )



Mangga kaya akan beta-karotena (vitamin A), yang merupakan antioksidan yang sangat baik. Selain untuk peremajaan kulit, vitamin A juga dapat mengatasi jerawat," Mangga juga mengandung serat yang tinggi, tapi rendah kalori dan sodium. Selain itu, mangga juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, potasium, kalsium dan zat besi. Senyawa phenolic dan beberapa enzim dalam mangga juga berguna sebagai obat antikanker. Mangga juga berguna untuk meningkatkan kesehatan kulit dan rambut, mengontrol diabetes dan meningkatkan sistem imun tubuh. Vitamin B3 dan B-kompleks memperkuat rambut. Enzim magniferin, mempercantik kulit dan berfungsi untuk melawan kanker.
( Untuk lebih detail, silahkan klik disini )

Manfaat buah tamarind ( buah asam )

Tamarind atau buah asam, buah yang memiliki rasa asam seperti namanya, ternyata juga sangat baik untuk kesehatan tubuh, nah ini dia manfaat buah tamarind:
  • Sebagai Buah yang berguna untuk menyembuhkan penyakit kulit, Flu dan demam 
  • Buah penghilang  rasa haus ditenggorokan ketika akan memuntah.
  • Sebagai buah yang digunakan untuk mengobati sakit pada empedu
  • Buah penurun kolestrol tubuh 
  • Dan masih banyak yang lainnya.
Manfaat buah belimbing untuk kesehatan

Belimbing, buah yang satu ini memiliki ciri-ciri fisik seperti bentuk bintang, sehingga di inggris buah ini diberi nama Startfruit. Buah yang biasanya dikonsumsi atau digunakan untuk merawat kuku, ternyata berguna baik untuk menurunkan darah tinggi dalam tubuh. Cara pembuatan ramuannya: Siapakah secukupnya buah blimbing, bersihkan samping2 atau siripnya, kemudian parut, dan ambil airnya saja, tambahkan sedikit madu kedalam air perasan buah belimbing. Langkah terakhir minum air perasan tersebut, lakukan hingga darah tinggi sembuh.

Manfaat buah labu air

Buah ini berfungsi sebagai buah penyembuh penyakit demam dan batuk, dan berguna baik untuk merangsang kinerja daya otak serta jantung.

Manfaat buah salak

Buah yang memiliki kulit seperti sisik ular ini, ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh dan diantaranya adalah sebagai buah untuk menjaga kesehatan mata karena salak mempunyai kandungan betakaroten, sebagai obat mencret, dll

Itulah ulasan mengenai manfaat buah, sebenarnya masih banyak lagi buah yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya adalah ; manfaat buah melonmanfaat buah pepayamanfaat buah pisangmanfaat buah semangka, manfaat buah stroberi, manfaat buah mahkota dewa, manfaat kulit dan buah manggis, manfaat buah sirsak, anda bisa mengkliknya satu persatu untuk melihat dari manfaat buah tersebut. 


Itulah ulasan mengenai manfaat buah - buahan untuk kesehatan, sebelumnya saya mohon maaf jika tidak lengkap dan jika ada yang salah dalam ulasan tersebut. Dan saya persilahkan kepada sobat pembaca untuk menambahkan di kolom komentar tentang manfaat buah yang lainnya yang sekiranya perlu di share di blog ini. Semoga bermanfaat.